Cisco Systems



Cisco adalah perusahaan global di bidang telekomunikasi yang bermarkas di San José, California, Amerika Serikat yang berdiri tahun 1984. Cisco menjual perangkat jaringan dan telekomunikasi untuk melayani transportasi data, suara dan video ke seluruh dunia. Cisco merupakan salah satu produsen produk TI (Teknologi Informasi) nomor satu didunia, terutama untuk perangkat keras jaringan serta telekomunikasi.
sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Cisco_Systems

Banyak sekali perangkat keras jaringan yang dijual, diantaranya Cisco Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai perute. Proses perutean terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari protokol tumpukan (stack protocol) tujuh-lapis OSI. Contoh series Cisco Router yaitu Cisco 1800 series, Cisco 2600 series, Cisco 2800 series, 3200 Series hingga 7200 Series.
sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Penghala

Kemudian ada Cisco Switch atau biasa disebut dengan Catalyst Switch adalah perangkat jaringan komputer yang menghubungkan segmen jaringan atau perangkat jaringanIstilah ini umumnya mengacu pada jembatan jaringan multi-port yang memproses dan rute data pada layer data link (layer 2) dari model OSISwitches yang mengolah data tambahan pada lapisan jaringan (lapisan 3dan di atas sering disebut lapisan-switch atau switch multilayer. Fungsi dari Catalyst Switch sendiri yaitu melakukan forwarding frame dari satu alamat ke alamat lainnya dalam satu broadcast domain yang sama berdasarkan alamat fisik (MAC Address). Contoh series Catalyst Switch yaitu Cisco 2900 series, Cisco 3500 series, Cisco 3600 series.
sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Network_switch



Kemudian ada produk-produk lainnya seperti untuk Security berfungsi untuk melakukan filtering untuk tujuan keamanan. Wireless berfungsi memberikan solusi jaringan tanpa kabelVoice & Unified Communication berfungsi memberikan solusi komunikasi suara, video, web conference.




Itulah sekilas tentang produk-produk yang dimiliki oleh Cisco Systems.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

VTP Transparent Mode

Mengenal Lebih Jauh Jeroan atau Isi PC

Spanning Tree Protocol (STP) dan VLAN Trunking Protocol (VTP)