PEMROGRAMAN C++ Part 5


STATEMENT CONTROL

A.    Statement IF

Seperti halnya Pascal, perintah IF dalam C++ juga digunakan untuk menyatakan pernyataan kondisional (bersyarat).

Sintaks sederhana IF adalah

if (kondisi)
statement;

Statement pada sintaks di atas akan dilakukan jika kondisinya bernilai TRUE (tidak sama dengan nol). Apabila statement yang akan dilakukan lebih dari satu, maka sintaksnya menjadi


if (kondisi)
{
statement1;
statement2;
.
.
}

Contoh sederhana penggunaan IF adalah untuk menentukan boleh tidaknya seseorang melihat film bioskop. Seseorang diperbolehkan menonton jika usianya
17 tahun ke atas. Berikut ini program C++ nya:

#include
#include
void main()
{
int usia;
clrscr();
cout << “Berapa usia Anda : “;
cin >> usia;
if (usia < 17)
cout << “Anda tidak boleh menonton bioskop”;
}

Statement IF juga dapat ditambahkan ELSE sebagai konsekuensi alternatif jika kondisi tidak dipenuhi (FALSE). Sintaksnya:

if (kondisi)
{
statement1;
statement2;
.
}
else {
statement1;

statement2;
}

Anda dapat modifikasi program C++ untuk menentukan boleh tidaknya seseorang menonton bioskop seperti di bawah ini:

#include
#include
void main()
{
int usia;
clrscr();
cout << “Berapa usia Anda : “;
cin >> usia;
if (usia < 17)
cout << “Anda tidak boleh menonton bioskop”;
else cout << “Anda boleh menonton bioskop”;
}

Untuk menyatakan kondisi  (syarat) yang akan dicek pada IF, Anda dapat menggunakan  operator logika dan operator relasional seperti yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya. Perhatikan contoh di bawah ini!

if ((a >= 2) && (b == 3))
{
.
}

Jangan Anda tuliskan

if (a >= 2) && (b == 3)
{
.
.
}

atau

if ((a >= 2) && (b = 3))
{
.
}

Perintah b = 3 merupakan assignment bukan relasional.

Catatan penting:
C++ selalu memperlakukan nilai tidak sama dengan nol sebagai TRUE dan nilai nol sama dengan FALSE. Oleh karena itu, dua perintah di bawah ini adalah
identik.

if (bil % 2 != 0)
cout << “Bilangan ganjil”;
if (bil % 2)
cout << “Bilangan ganjil”

Selain itu, IF juga dapat berbentuk seperti di bawah ini.

if (kondisi1)
statement1;
else if (kondisi2)
statement2;
else if (kondisi3)
statement3;
.
.
else statement;



B.  Statement SWITCH

Statement SWITCH juga berfungsi sama dengan IF. Perintah SWITCH sama dengan perintah CASE OF dalam PASCAL.
Sintaks:

switch (variabel)
{
case value1 : statement1;
              break;
case value2 : statement2;
              break;
.
.
default  : statement;    /* optional */
              break;
}

contoh penggunaan:

#include
#include
void main()
{
  int bil;
  clrscr();
  cout << “Masukkan bilangan : “;
  cin >> bil
  switch (bil)
  {
  case 1 : cout << “Anda memasukkan bil. satu”;
           break;
  case 2 : cout << “Anda memasukkan bil. dua”;
           break;
  case 3 : cout << “Anda memasukkan bil. tiga”;
           break;
  default: cout << “Anda memasukkan bil selain 1, 2, dan 3”;
           break;
  }
}

Selanjutnya coba kalian hapus semua break program di atas dan kalian jalankan. Apa yang terjadi?? Keanehan akan muncul. Why ??



C.  Statement FOR

Statement FOR digunakan untuk menyatakan perulangan (seperti PASCAL).
Sintaksnya:

for (ungkapan1; ungkapan2; ungkapan3)
  {
    .
    .
  }

- Ungkapan1 merupakan statement awal (inisialisasi)
- Ungkapan2 merupakan kondisi/syarat perulangan dilakukan
- Ungkapan3 merupakan statement control untuk perulangan

Contoh:

for (a = 1; a <= 5; a++)
{
cout << “Hello world \n”;
}

NB: tipe data variabel a adalah integer

Perintah di atas akan menampilkan teks Hello World sebanyak 5 buah. Perhatikan
tanda a++. Apa maksudnya? Selain berupa angka, pencacah perulangan juga dapat berupa karakter. Contoh

for (huruf = ‘Z’; huruf >= ‘A’; huruf--)
{
cout << “Huruf abjad= “ << huruf << “\n”;
}

Perintah di atas akan menampilkan teks Huruf abjad = ... mulai dari Z sampai dengan A. Perhatikan perintah huruf--

for (angka = 1; angka <= 6; angka+=2)
{
cout << “Isi dari angka = “ << angka << endl;
}

Perintah di atas akan menampilkan angka 1, 3, 5. Kok bisa? Perhatikan perintah angka+=2.

Di bawah ini adalah program untuk mencetak bilangan genap yang kurang dari n (n diperoleh dari input).

#include
#include
void main()
{
int bil, n;
cout << “Masukkan n = “;
cin >> n;
for (bil = 0; bil < n; bil++)
{
if (bil % 2 == 0) cout << bil << “ ”;
}
}


D.  Statement WHILE

Statement WHILE juga digunakan untuk menyatakan perulangan. Penggunaan-nya mirip pada PASCAL. Sintaksnya:

while (kondisi)
{
.
.
}

contoh:

Dua perintah di bawah ini adalah identik.

for (a = 1; a <= 5; a++)
{
cout << “Hello world \n”;
}

dengan

a = 1;
while (a <= 5)
   {
cout << “Hello world \n”;
a++;
   }

 
Contoh program di bawah ini digunakan untuk menjumlahkan sejumlah data angka. Angka yang akan dijumlahkan diinputkan satu-persatu. Proses pemasukan data angka akan berhenti ketika dimasukkan angka –1. Setelah itu tampil hasil penjumlahannya.

#include
#include
void main()
{
int data, jumlah,cacah;
jumlah = 0;
data = 0;
cacah = 0;
while (data != -1)

{
cout << “Masukkan data angka : “;
cin >> data;
jumlah += data;
cacah++;
}
cout << “Jumlah data adalah : “ << jumlah” << endl;
cout << “Rata-rata : ” << jumlah/cacah;
}

Kondisi dalam WHILE juga dapat menggunakan operator logika. Misalnya

while ((kondisi1) && (kondisi2))
{
.
.
}


E.  Statement DO ... WHILE

Perintah DO ... WHILE hampir sama dengan WHILE sebelumnya. Sintaknya:

do
  {
  .
  .
  }
while (kondisi);

Perbedaan dengan WHILE sebelumnya yaitu bahwa pada DO WHILE statement perulangannya dilakukan terlebih dahulu baru kemudian di  cek kondisinya. Sedangkan WHILE kondisi dicek dulu baru kemudia statement perulangannya dijalankan. Akibat dari hal ini adalah dalam DO WHILE minimal terdapat 1x perulangan. Sedangkan WHILE dimungkinkan perulangan tidak pernah terjadi yaitu ketika kondisinya langsung bernilai FALSE.

Contoh:

a = 1;
do
   {
cout << “Hello world \n”;
a++;
   }
while(a==0)

Perintah di atas akan muncul satu buah Hello World. Bandingkan dengan yang berikut ini:

a = 1;
while(a==0)
  {
cout << “Hello world \n”;
a++;
  }  

Perintah di atas sama sekali tidak menampilkan Hello World, karena kondisinya langsung FALSE.

Sumber : E-book PEMROGRAMAN C++ by Rosihan Ari Yuana, S.Si, M.Kom
arie@uns.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

VTP Transparent Mode

Mengenal Lebih Jauh Jeroan atau Isi PC

Komponen-komponen Motherboard