Tugas 2 Etika & Profesionalisme TSI

1. Beri contoh kasus dan jelaskan tentang gangguan pemanfaatan teknologi sistem informasi dalam kehidupan sehari-hari yang dapat menyebabkan seseorang atau pihak lain terganggu!

Jawab:
Hacking. Contoh kasusnya misalnya ada sebuah sistem server yang digunakan oleh sebuah perusahaan, dimana sistem tersebut sudah diseting dengan kemanan sedemikian rupa. Walaupun sudah diseting sedemikian rupa, ternyata masih terdapat lubang jaringan yang terbuka yang dapat disusupi oleh seorang Hacker. Hacker sendiri dapat melakukan aksinya yang disebut dengan Hacking. Hacking adalah kegiatan menerobos program komputer milik orang/pihak lain. Hacking ini menerobos secara sembunyi melalui lubang jaringan yang terbuka. Aktivitas yang dilakukan dapat berupa mencuri data, mengahncurkan sistem


2.  Mengapa muncul gangguan dalam pemanfaatan teknologi sistem informasi, jelaskan!

Jawab:
Gangguan dalam pemanfaat sistem informasi dapat disebabkan seperti kegagalan di dalam sistem yang dikarenakan sistem mengalami error, lalu lintas jaringan yang padat dan menyebabkan collision (tabrakan data), dan lain-lain. Kemudian kegagalan di luar sistem yang dikarenakan noise, orang yang tidak bertanggung jawab yang berusaha mengahncurkan sistem yang dapat menyebabkan sistem down dan menjadi gangguan, dan lain-lain.

3.  Untuk mengatasi gangguan yang muncul pada pemanfaatan teknologi sistem informasi, langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan baik dari pengguna maupun dari pihak pemerintah!

Jawab:
Hal yang paling penting dan harus diperhatikan yaitu tindakan preventiv sebagai langkah awal sebelum gangguan muncul. Langkah-langkah yang harus dilakukan seperti mempercayakan sistem informasi harus dikelola oleh orang yang ahlinya dan dapat dipercaya. Kemudian mengamankan sistem informasi sedemikian mungkin, setelah itu diuji coba keamanan tersebut, misal dengan mengadakan sayembara untuk mencari kelemahan sistem atau sebagainya guna memudahkan dalam memperkuat sistem tersebut. Terakhir pemeliharaan sistem secara rutin guna menjaga sistem tetap berjalan dengan stabil.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

VTP Transparent Mode

Spanning Tree Protocol (STP) dan VLAN Trunking Protocol (VTP)

Mengenal Lebih Jauh Jeroan atau Isi PC