Tugas 1 Etika & Profesionalisme TSI

1. Apa yang dimaksud dengan etika pada Teknologi Sistem Informasi, jelaskan menurut pendapat anda?

Jawab:
Nilai-nilai moral yang mengikat seseorang atau sekelompok orang dalam mengatur sikap, tindakan dan ucapan yang berhubungan dengan teknologi sistem informasi seperti sumber daya informasi dan media informasi.

2. Jelaskan etika yang harus dilakukan oleh :

a. Pengguna Teknologi Sistem Informasi
b. Pengelola Teknologi Sistem Informasi
c. Pembuat Teknologi Sistem Informasi

Jawab:
Dari sisi keseluruhan yaitu pengguna, pengelola dan pembuat TSI, etika yang harus dilakukan yaitu harus mengetahui batasan-batasan maupun patuh menjalakan peraturan-peraturan yang sudah ditentukan oleh penegak hukum dalam bidang TSI.

a. Sebagai pengguna TSI, seorang pengguna harus menggunakannya dengan bijak. Maka dari itu TSI tidak boleh diselewengkan untuk kepentingan pribadi atau tertentu yang berakibat merugikan pihak lain.

b. Sebagai pengelola TSI, informasi yang dikelolanya harus diamankan sedemikian rupa dari bentuk kejahatan TSI. Cara mengamankannya dapat menggunakan metode yang sudah ada atau dengan menggunakan metode baru.

c. Sebagai pembuat TSI, harus mampu menerapkan kebijakan-kebijakan untuk mengontrol jalannya TSI yang dibuatnya guna menghindari penyalahgunaan dari TSI tersebut.

3. Sebutkan  contoh  dalam  kehidupan  sehari-hari  tentang  etika  dalam Teknologi Sistem Informasi!

Jawab:
Contohnya penggunaan sumberdaya internet di dalam suatu wilayah kampus yang digunakan dengan tujuan untuk memfasilitasi civitas akademi untuk keleluasan dalam mengakses informasi bukan digunakan untuk melakukan kejahatan di dalam dunia TSI.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

VTP Transparent Mode

Mengenal Lebih Jauh Jeroan atau Isi PC

Spanning Tree Protocol (STP) dan VLAN Trunking Protocol (VTP)