Rangkuman Tugas Debat MK Soft Skill (Budaya Barat vs Budaya Timur)

Budaya Barat

Ada 3 ciri dominan dalam budaya barat :

1. Penghargaan terhadap martabat manusia

Hal ini bisa dilihat pada nilai-nilai seperti demokrasi, institusi sosial dan kesejahteraan ekonomi.

2. Kebebasan

Di barat anak-anak terbuka di depan orang dewasa, orang-orang berpakaian menurut selera masing-masing, mengemukakan pendapat secara bebas, tidak membedakan status sosial, dan sebagainya.

3. Penciptaan dan pemanfaatan teknologi

Seperti pesawat jet, satelit, televisi, telepon, listrik, komputer, dan sebagainya.

Orang barat menekan logika dan ilmu dan cenderung aktif dan analitis. Istilah "Budaya Barat" digunakan sangat luas untuk merujuk pada warisan norma-norma sosial, nilai-nilai etika, adat istiadat, keyakinan agama, sistem politik, artefak budaya khusus, serta teknologi. Secara spesifik, istilah budaya Barat dapat ditujukan terhadap:

· Pengaruh budaya Klasik dan Renaisans Yunani-Romawi dalam hal seni, filsafat, sastra, dan tema hukum dan tradisi, dampak sosial budaya dari periode migrasi dan warisan budaya Keltik, Jermanik, Romanik, Slavik, dan kelompok etnis lainnya, serta dalam hal tradisirasionalisme dalam berbagai bidang kehidupan yang dikembangkan oleh filosofi Helenistik,skolastisisme, humanisme, revolusi ilmiahdan pencerahan, dan termasuk pula pemikiran politik, argumen rasional umum yang mendukung kebebasan berpikir, hak asasi manusia,kesetaraan dan nilai-nilai demokrasi yangmenentang irasionalitas dan teokrasi.

· Pengaruh budaya Alkitab-Kristiani dalam hal pemikiran rohani, adat dan dalam tradisi etika atau moral, selama masa Pasca Klasik.

· Pengaruh budaya Eropa Barat dalam hal seni, musik, cerita rakyat, etika dan tradisi lisan, dengan tema-tema yang dikembangkan lebih lanjut selama masa Romantisisme.

Pengaruh

Di lihat dari 4 cara sudut pandang :

1. Long term orientation index ( index cara berfikir jangka panjang) rata-rata orang indonesia index cara berfikirnya cendrung pendek,sekarang jarang ada orang indonesia yang cara berfikirya jauh kedepan melampaui ruang dan waktu

2. Cara memimpin (maskuliniti index) sistem pemerintahan yang tegas dan berani dalam bersikap. 1. lawan dari (maskuliniti index) adalah (Feminim) dalam hal ini yang di maksut dngan system pemerintahan yang feminim adalah negara yang menelesaikan pemasalahan dengan negara lain cendrung dengan jalan perundingan.

3. (Individualisme index) negara yang mayoritas warga negaranya cendrung individualis, dan karakter berfikir atau berpelikaku kebanyakan di anut oleh orang eropa pada umumnya.(sosialis index) negara yang di mana mayoritas warga neganegaranya bersifat sosialis, dan rata rata di anut oleh mayoritas indonesia, & mungkin ini tempat kita merasa lebih dari bangsa eropa karena jiwa sosyal kita lebih tinggi.

4. Power Gap ( jarak antara pemimpin dan yang di pimpin) di indonesia jarak antara pemimpin dan rakyat sangat jahuh,mungkin ini yang belum kita keta menyadari dari system pemerintahan kiata, beda dengan gaya pemerintahan bangsa bangsa yang ada di barat yang jarak anatara yang di pimpin dan yang memimpin tidak terlalu jauh. Atau dengan istilah kerennya di sebut Low Power Gap.

Dampak Positif dan Dampak Negatif Globalisasi dan Modernisasi

Dampak Positif

a. Perubahan tata nilai dan sikap

Adanya modernisasi dan globalisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikap masyarakat yang semua irasional menjadi rasional.

b. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju.

c. Tingkat kehidupan yang lebih baik

Dibukanya industri yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih merupakan salah satu usaha mengurangi penggangguran dan meningkatkan taraf hidupmasyarakat.

Dampak Negatif

a. Pola Hidup Konsumtif

Perkembangan industri yang pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah. Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk mengonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada.

b. Sikap Individualistik

Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitasnya. Kadang mereka lupa bahwa mereka adalah makhluk sosial.

c. Gaya Hidup Kebarat-baratan

Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua, kehidupan bebas remaja, dan lain-lain.

d. Kesenjangan Sosial

Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus modernisasi danglobalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lain yang stagnan. Hal ini menimbulkan kesenjangan sosial.

Budaya Timur

Kebudayaan timur adalah lawan dari kebudayaan barat. Yang dimaksud di sini adalah sebuah kebudayaan di luar kebudayaan orang-orang eropa barat. Bangsa budaya timur adalah mempunyai akhlak yang baik, tidak berbuat yang melanggar agama dan menjunung tinggi harga diri.

Nilai Budaya Timur

Pada intinya banyak bersumber dari agama. Inti kepribadian manusia timur terletak pada hatinya. Dengan hatinya mereka menyatukan akal budi, intuisi, intelegensi dan perasaan. Pemikiran budaya timur lebih menekankan unsur terdalam dari jiwa dan lebih menekankan disiplin mengendalikan diri, sederhana, tidak mementingkan dunia.

Sikap orang timur terhadap alam adalah menyatu dengan alam, tidak mengeksploitasi alam, bahkan menginginkan harmoni dengan alam. Indonesia sebagai bagian dari wilayah yang menganut kebudayaan timur, harus mementingkan kerohanian, perasaan, gotong royong dan menjaga keharmonisan antara manusia dengan manusia, manusia dengan alam, dan manusia dengan Tuhan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

VTP Transparent Mode

Mengenal Lebih Jauh Jeroan atau Isi PC

Spanning Tree Protocol (STP) dan VLAN Trunking Protocol (VTP)